Minggu, 18 Oktober 2009

GBPIM Poster Komvis

GARIS BESAR PROGRAM ISI MEDIA

A. Identitas Media
a. Media : Poster
b. Tema : Stop Global Warming!
c. Tujuan : Global warming bukanlah hal yang asing didengar. Di semua penjuru dunia membicarakan hal tersebut. Global warming merupakan pemanasan suhu bumi dikarenakan banyaknya polusi yang merusak lapisan ozon yang melindungi bumi, juga banyaknya kasus penebangan hutan secara liar sehingga berkurangnya jumlah pohon yang berfungsi sebagai paru-paru dunia. Sulitnya memberikan kesadaran akan bahaya global warming kepada masyarakat luas menjadi bahan pertimbangan dalam pembuatan poster ini. Sehingga tujuan dari poster ini adalah untuk membangun kesadaran masyarakat untuk berperan serta dalam menangani masalah global warming, yaitu dengan menanam pohon.

d. Sasaran: Masyarakat umum, mahasiswa, siswa SMA

B. Sinopsis
Penggunaan poster sangat efektif dan efisien, dilihat dari segi pembuatan dan penggunaannya. Poster menampilkan sesuatu yang berbeda dibandingkan media visual yang lainnya. Poster menggunakan perpaduan gambar serta bahasa yang singkat, padat, dan jelas. Poster hanya menampilkan kalimat inti yang dapat mewakili pesan yang ingin disampaikan. Paduan warna dan gambarnya pun relative sederhana. Poster merupakan media yang mudah diterima oleh masyarakat umum.

C. Treatment
a. Tahap awal, mengenai konsep pembuatan poster. Pertama kita merancang tema, tujuan, sasaran pembuatan poster, dan sebagainya.
b. Tehap kedua, pembuatan sketsa atau coretan kasar poster
c. Tehap ketiga, penggunaan konsep. Dalam artian konsep-konsep yang telah dibuat kedalam kertas
d. Tahap keempat, pendesainan poster. Biasanya menggunakan computer
e. Tahap kelima, tahap perbaikan dan penyelesaian (finishing)
f. Tahap akhir, penggunaan media

D. Keterbacaan Visual
a. Penggunaan kata-kata yang singkat, pada, dan jelas
b. Menampilkan inti dari pesan yang akan disampaikan
c. Memiliki keseimbangan antara gambar, warna, dan teks

E. Deskripsi
Poster yang dibuat untuk membangun kesadaran masyarakat dalam menangani masalah global warming yang menjadi isu yang berskala internasional. Dalam poster ini terdapat gambar sebuah tangan yang memegang sebuah benih tanaman. Benih tanaman inilah yang selanjutnya menjadi pohon-pohon penyelamat bumi dalam masalah global warming. Sebuah kalimat yang tertulis pada poster tersebut yakni “ Persembahan Kecil untuk Perubahan Besar” adalah sebuah penguatan dari pesan visual yang ada didalam poster.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar